Hati-Hati dengan program investasi abal-abal

Oke, jadi beberapa hari beberapa hari ini tanpa sengaja youtube merekomendasikan video-video dengan tema bisnis online, investasi dan salah satu yang membuat saya tertarik adalah sebuah video yang menceritakan tentang investasi mining cryptocurency.

di video itu diceritakan bahwa ada sebuah website yang menyediakan layanan mining dan trading cryptocurrency dengan presentase keuntungan yang cukup besar, dalam satu bulan dengan modal $100 dalam 30 hari akan mendapatkan coin ethereum sebanyak $130. modal yang diinvestasikan digunakan untuk membayar sebuah mesin cloud dengan satuan mhs yang mendandakan kekuatan dari mesin untuk melakukan mining ethereum.

nama situsnya adalah octoin.com sebuah website yang mengklaim dirinya sebagai penyedia beberapa layanan yaitu :
-Trading
-Crypto Mining
-Referral
-Peer to Peer Exchange

setelah mendaftar kita diharuskan mengisi wallet yang terdiri dari berbagai macam coin, mulai dari bitcoin, ethereum,dll atau bisa juga menggunakan usd dollar lewat payeer dan perfect money. setelah itu kita diberi pilihan untuk menginvestasikan uang kita di trading atau mining. karena saya tertarik dengan mining nya maka saya menganalisa bagaimana cara kerjanya.

cara kerjanya adalah kita menyewa mesin untuk mining dengan satuan kekuatan hashrate MH/s dengan kelipatan tertentu, semakin besar kekuatan nya maka biaya sewa nya semakin tinggi dan profitabilitas nya pun semakin tinggi. dalam contoh diatas saya mencoba menggunakan 70 MH/s dengan biaya $105 OCC yang merupakan coin dari si octoin ini yang nilainya $1 per coin. dengan biaya $105 itu dalam waktu satu bulan maka saya akan mendapatkan 0.285168 ETH yang jika dikonversi ke kurs dollar adalah sekitar $134 yang artinya kita mendapatkan keuntungan kurang lebih 33% perbulan.
bayangkan jika saya sewa $1000 maka saya akan mendapatkan $330 tanpa berkeringat tanpa berpikir.

Di momen ini lah saya mulai teringat dengan sebuah pribahasa yang mengatakan jika sesuatu itu terdengar terlalu too good to be true kemungkinan terbesarnya itu memang too good to be true. maka saya mulai skeptis dan coba explore lebih jauh lagi, saya masuk ke menu trading, sebuah dunia yang sudah tidak asing lagi bagi saya. dan betapa kagetnya saya ketika saya membuka tab trading nya dan diperlihatkan sebuah tampilan seperti ini.

saya mengekspektasikan akan melihat chart harga, candle stick, indikator tapi yang diperlihatkan adalah sebuah layar seperti ini dengan chart naik turun entah chart apa itu. Jika diperhatikan sebenarnya antara mining dan tradingnya ini sama saja yang berbeda adalah presentase keuntungan perbulannnya yang lebih kecil, hanya 11.56% keuntungan fix. tidak ada chart dan analisa seperti halnya trading normal yang ada hanya tombol investasi dan hitung-hitungan profit. Dengan sistem seperti ini kayanya bodoh kalau yang pilih trading dari pada mining , caranya sama tapi keuntungannya beda 100%.

saya makin penasaran dan mulai mencari-cari apa sebenarnya mining cryptocurrency ini. dan saya mendapatkan informasi ternyata istilah yang digunakan oleh octoin sedikit keliru, seharusnya layanan mereka disebut dengan cloud mining karena tidak menggunakan real device melainkan cloud computing. sebagai pembanding saya menemukan layanan cloud mining di situs lain yang memang hanya spesialis di cloud mining bitcoin
situs yang beralamat di pool.bitcoin.com menyediakan layanan cloud mining dengan kontrak minimal 1 tahun dengan hashrate 5TH/s yang mana 5 triliun hashes lebih tinggi dari yang ditawarkan octoin yang masih menggunakan satuan mh/s. saya juga tidak menemukan situs cloud mining yang menawarkan kontrak pendek seperti halnya oction hampir semua layanan cloud mining menggunakan kontrak 1 tahun.

Supaya aplle to apple saya coba untuk bandingkan dengan layanan serupa yang menggunakan ethereum sebagai coin yang ditambangnya. saya menggunakan situs hashflare.io sebagai pembanding. disitus ini kita bisa menyewa hashpower dari sebuah cloud mining dengan rincian sebagai berikut

Dengan membandingkan hashpower yang sama dengan yang ditawarkan octoin terlihat perbedaan yang sangat jauh dimana dengan 70MH/s saya harus membayar $1540, sedangkan di octoin hanya dibebankan $105 saja. perbedaan lainnya adalah di hashflare saya terdapat keterangan di pool manakah mining akan dilakukan dan tidak ada keterangan mengenai pendapatan fix berapa yang akan didapat yang ada hanyalah forecast revenue atau perkiraan revenue yang bisa didapat, bandingkan dengan octoin yang sudah punya angka-angka fix yang menyebutkan pendapatan perbulannya.
kemudian di setiap penyedia layanan cloud mining mereka selalu menyertakan maintenance fee yang dibebankan kepada penambang yang merupakan biaya listrik dan biaya lain-lain yang besarannya berbeda dari tiap perusahaan. tapi hebatnya di layanan octoin tidak ada fee tersebut, mengapa? apakah mereka menggunakan cloud mining gratisan atau bagaimana ya, karena selain tidak ada fee ketiadaan informasi di pool mana mereka mining juga menimbulkan berbagai pertanyaan.

sebelum berkesimpulan, saya coba untuk membandingkan lagi dengan layanan mining lain, yang kali ini berasal dari indonesia yang bernama tavest.com, disin mereka menyediakan layanan mining dengan sistem crowd founding, mereka membangun satu set device untuk mining yang kemudian biaya pembangunan nya dibayar secara patungan. Jadi di situs ini alat mining yang digunakan benar-benar diperlihatkan secara jelas sampai ke detail speknya, dan yang saya soroti adalah dibagian keuntungan, mereka hanya menjanjikan potensi keuntungan maksimal 20 persen perTahun bandingkan octoin yang berani memberikan 33 persen perbulan, too good to be true yeah?

Saya menemukan hal yang menarik, saya mencoba untuk mencari bagaimana hitung-hitungan keuntungan mining berdasarkan hashpower, dan saya menemukan kalkulator yang bisa memprediksikan berapa keuntungan yang didapat dengan hashpower tertentu dan hasilnya adalah seperti ini.

jika saya menyamakan dengan hashpower yang ditawarkan octoin maka bisa terlihat persamaannya bahwa dalam satu bulan memang secara teori akan menghasilkan 30 persen keuntungan dengan profit rasio kurang lebih 1% perhari tapi permasalahannya adalah ini adalah perhitungan hipotetical bukan suatu hal yang pasti karena ada biaya konsumsi listrik yang tidak dimiliki oleh octoin dan tingkat difficulty dari setiap pool yang semakin lama akan semakin naik setiap saat yang menyebabkan kondisi ideal seperti yang ditunjukan oleh kalkulator ini sangat jauh dari kenyataan. jadi kemungkinan octoin hanya menjual hipotesis kepada para nasabahnya.

Saya rasa cukup dari segi teknis mining yang sudah terlihat ketidak masuk akalan pendapatannya, saya kan coba analisa dari segi teknis website, apa memang octoin ini termasuk terpercaya atau kah tidak karena dari iklan yang saya lihat di video itu mengatakan bahwa ini perusahan besar. oke mari kita lihat bersama.
domain nya teregistrasi dengan data sebagai berikut
yang menarik ada dibagian alamat, saya tidak bisa menemukan nama octoin di local listing kantor-kantor yang berada di dearah tersebut, artinya mereka hanya self proclaim kalau kantor mereka disana, atau bisa jadi hanya virtual office saja. Nama pemiliknya pun bisa dibilang anonim karena klaim mereka bahwa mereka terdiri dari grup trading terkuat dari inggris dan singapura tapi mencantumkan direktur mereka dengan menggunakan nama yang tidak jelas siapa, matt blunt dan lucunya jabatannya dobel sebagai direktur sekaligus sekretaris.

Kalau memang sebuah perusahaan yang didirikan oleh trader handal harusnya minimal menggunakan nama seorang trader yang sudah dikenal sehingga orang-orang pun lebih percaya dengan reputasi nya kalau ini adalah perusahaan yang dibangun oleh trader beneran bukan anonim.

Kesimpulan

Dari analisa ini saya bisa menyimpulkan bahwa kemungkinan besar octoin hanyalah sebuah permainan uang atau money game atau HYIP. tidak ada kejelasan bisnis nya apa, mining dan trading hanya sebuah kedok yang digunakan untuk menyembunyikan bisnis asli mereka. Apa mereka membayar? tentu saja sekarang mereka masih membayar dikarenakan situs nya masih baru dan member nya juga belum terlalu banyak, perputaran uang dari member baru masih bisa digunakan untuk membayar profit-profit para member lama, sehingga membuat mereka semakin yakin tentang kredibilitas perusahaan ini.

Yang octoin lakukan adalah mendompleng trend cryptocurrency yang sedang booming belakangan ini mereka menggunakan topeng itu untuk membuat bisnis money game mereka lebih terlihat nyata. Mungkin anda ingat beberapa tahun yang lalu di Indonesia pernah booming money game seperti ini tapi dengan konsep yang lebih jujur ( mengatakan cukup transfer dan diam dapat uang ) yaitu MMM dimana mereka pun menjanjikan keuntungan 30 persen perbulan hanya dengan investasi. pada awalnya lancar membayar tapi anda tau kan akhir dari MMM ini? kolaps karena kehabisan member baru. semua money game akan berakhir sama hanya tinggal menunggu waktu.

Setelah kehancuran sebuah money game akan selalu diikuti dengan kelahiran money game lain yang punya konsep yang sama tapi berganti topeng. intinya jika ada sebuah program investasi yang menawarkan keuntungan yang tidak masuk akal harus langsung waspada. karena jika sesuatu itu good to be true yaaa memang itu pada kenyataan ya too good to be reality..

Tambahan

Saya menemukan satu lagi situs investasi bodong abal-abal yang heran nya masih aktif padahal sudah di tutup oleh satgas waspada investasi yaitu spscoin yang mempunyai alamat asli di spscoin.co dan sudah diblokir oleh menkominfo tapi mereka membuat kembali situs nya di spscoin.biz .

saya menulis ini karena ada orang yang masih mengiklankan dan mengajak orang-orang untuk membuang uang disini, saya heran apa dia tidak melakukan riset terlebih dahulu tentang situs yang dia rekomendasikan ke orang-orang? padahal dengan googling sederhana bisa ketahuan bahwa situs spscoin ini situs scam atau dia bagian dari tim situs tersebut, entahlah.

berita di detik ini dengan jelas mengatakan bahwa spscoin ini sudah ditutup dan artinya terlarang untuk terus meneruskan bisnis nya. coba lihat deskripsi nya, mereka mengklaim memberi keuntungan 1 persen perhari atau 30 persen perbulan, lihat ada kemiripan dengan yang sudah-sudah kan? mereka selalu menggunakan formula 30 persen ini untuk mengelabui orang-orang yang tidak mengerti tapi di sisi lain menjadi sebuah alarm tersendiri bagi yang sudah paham bahwa angka 30 persen perbulan ini bisa jadi trigger bahwa ada yang tidak beres dari sebuah bisnis jika sudah menyertakan angka ini dalam pembagian keuntungannya.

sekian dan semoga tulisan ini bisa dijadikan pertimbangan dan pengetahuan bagi kitas semua

Tag : opini
0 Komentar untuk "Hati-Hati dengan program investasi abal-abal"
Back To Top