Cara Membeli Game Di Steam dengan Bitcoin

update Desember 2017

per desember 2017 steam sudah menonaktifkan bitcoin dari payment processor nya dikarenakan nilai bitcoin yang meroket sampai 300 juta, yang mengakibatkan fee per transaksinya menjadi terlalu besar. jadi mulai bulan ini sudah tidak bisa lagi membeli game menggunakan bitcoin, mungkin nanti ketika bitcoin sudah tidak terlalu mahal layanan ini bisa diaktifkan kembali. atau ada kebijakan menurunkan nilai fee sehingga tidak terlalu mahal.


Kali ini saya ingin berbagi tentang sebuah alternatif cara pembelian game dari steam, banyak orang yang beralasan menggunakan game bajakan adalah karena sistem pembayaran di steam yang ribet karena menggunakan kartu kredit, hal itu tidak bisa lagi dijadikan alasan karena selain kartu kredit steam sudah memberikan 2 alternatif lain cara pembayaran, yang pertama adalah dengan steam wallet dan yang kedua adalah dengan menggunakan bitcoin.

Saya lebih suka menggunakan bitcoin daripada steam wallet kenapa? karena jika dihitung lagi biaya pembelian steam wallet jauh lebih mahal yang pada akhirnya harga game nya sendiri jadi lebih mahal dari yang seharusnya kita bayar. sebagai contoh di marketplace bukalapak atau situs voucher game banyak yang menjual steam wallet dengan selisih harga 50rb - 100rb dari nilai steam wallet nya. dengan menggunakan bitcoin pembayaran akan sesuai dengan harga yang tertera di steam tanpa biaya tambahan, sama dengan pembayaran dengan credit card.

Oke mari kita mulai.

1. Beli bitcoin
    Banyak cara untuk mendapatkan bitcoin di internet ( silahkan di googling ) tapi cara tercepat adalah dengan membeli nya di merchant yang terpercaya. Kali ini saya menggunakan merchant bernama triv , yang beralamat di triv.co.id . transaksi di triv sangat cepat bahkan satu transaksi bisa selesai dalam hitungan detik sejak transfer berhasil, benar-benar mengagumkan. Selain bitcoin triv juga melayani pembelian dan penjualan virtual money lain seperti paypall, perfect money, skrill dan lain-lain. cocok juga buat temen-temen yang suka trading

Review saya buat triv sejauh ini sangat memuaskan, kecepatan dan kemudahan penggunaan menjadi nilai tambah yang saya sukai. Website nya juga dibuat dengan sistem keamanan profesional dan transaksi sudah otomatis. Masih banyak diluar sana yang masih menggunakan metode manual dalam melakukan transaksi ( biasanya lewat chat ) saya tidak merekomendasikan hal tersebut karena cenderung tidak aman.

selain cepat kelebihan triv yang lain adalah kamu tidak perlu mempunyai bitcoin wallet karena bitcoin yang kamu beli di triv akan langsung dimasukan ke wallet triv dan dari situ kamu bisa mengirim bitcoin ke alamat yang kamu kehendaki.

Tapi ini hanya sekedar rekomendasi, kamu bisa beli bitcoin dimanapun yang kamu mau

2.Beli Game
    Setelah bitcoin masuk ke wallet di triv maka saatnya untuk membeli game yang kamu inginkan dalam contoh ini saya akan membeli game Grow UP . Pastikan kamu sudah mempunyai akun steam dan menginstall steam client di komputer. masukan game yang diinginkan ke cart dan bersiap untuk pembayaran.

Disitu terlihat bahwa saya mendapatkan diskon 10% karena saya sudah mempunyai game yang sebelumnya yaitu Grow Home. Pilih Purchase for myself dan kamu akan diminta untuk login ulang.

Di form pembayaran pilih bitcoin sebagai payment method nya kemudian pilih continue


Beri centang di kolom i agree to the terms.... dan pilih continue to BitPay maka kamu akan diarahkan ke situs Bitpay untuk melakukan pembayaran.

Akan muncul halaman konfirmasi yang menyebutkan alamat bitcoin dan jumlah bitcoin yang harus kamu kirimkan dan Jika kamu menggunakan triv, masuk ke dashboard dan pilih send coin, isi form nya sesuai dengan data di halaman konfirmasi pembayaran


Pilih send dan dalam waktu singkat akan ada konfirmasi pembayaran selesai dan otomatis game yang kamu beli akan muncul di library steam kamu dan siap untuk dimainkan.

Kesimpulan
    Dengan menggunakan bitcoin kita bisa menikmati game original dengan mudah dan lebih murah. tidak ada lagi alasan bahwa membeli game di steam itu sulit karena tidak punya credit card. Jika masih saja menggunakan game bajakan maka memang dari awal memang tidak mau menghargai hasil karya orang lain.

update terbaru 2017

Triv memberlakukan miner fee sebesar 0.001 atau jika dirupiahkan dengan kurs saat ini sekitar 50rb an jadi sepertinya membeli lewat triv jadi tambah biaya lagi tapi tetap lebih murah dibandingkan dengan pembelian menggunakan voucher wallet yang tapi jadinya tidak terlalu jauh.





Tag : komputer
0 Komentar untuk "Cara Membeli Game Di Steam dengan Bitcoin"
Back To Top