Cara flashing firmware TV LED Sharp 24Inch

Masalah yang sering muncul pada beberapa tv led sharp yaitu kejadian dimana tv tidak mau booting, layar akan hitam dan lampu indikator berwarna hijau. sebenarnya bisa booting jika kamu termasuk manusia paling sabar se jagad raya karena waktu booting nya bisa satu hari.

Peralatan yang harus disiapkan cuma 1 yaitu Flashdisk, kosongkan / format flashdisk dengan filesystem FAT32 ( default ) . Saya pernah mencoba menggunakan microSD dengan cardReader dan hasilnya tidak bisa terbaca, jadi harus flashdisk ya.

Langkahnya cukup download file ini  kemudian masukan file bertipe .img tersebut ke flashdisk ( jangan di ekstrak ya, saya membaca di beberapa blog memerintahkan untuk di ekstrak cukup copy paste saja).

Langkahnya
1. Cabut colokan listrik TV pastikan dalam keadaan off
2. Colokan flashdisk ke port usb di bagian belakang TV
3. Pencet tombol power dan Menu secara bersamaan
4. Masukan lagi colokan listrik sambil tetap menekan dua tombol tadi
5  Tunggu beberapa saat ( kurang lebih 30 detik )
6, Akan muncul layar biru dan gambar loading , tunggu sampai ada tulisan install completed ( Jangan cabut power ketika proses ini )
7. Cabut kembali colokan untuk mematikan TV dan coba nyalakan kembali maka TV kamu akan kembali normal


Jika tv sharp kamu sudah pernah kena penyakit ini maka kemungkinan besar dia akan kambuh lagi di lain hari ( kurang lebih 3-5 bulanan ) solusinya ulang lagi install firmware nya. Dari servis resmi sharp sendiri sudah mengatakan untuk lebih baik mengganti tv dengan unit yang lebih baru yang sudah tidak memiliki problem ini tapi jika dana kamu masih terbatas ya bisa dicoba saja trik gratis ini.

NB:
Artikel ini saya buat karena ketika saya mencari file firmware untuk file TV LED sharp ini banyak sekali yang tidak ikhlas dalam melakukan sharing, ada yang menyembunyikannya dengan url shortener yg merepotkan , ada yang mengemas file nya dengan file zip yang terpassword dan untuk mendapatkan password nya harus menghubungi si uploader dengan membayar sejumlah uang, ada pula yang menjual flashdisk berisi file firmware ini dengan harga 100rb. walaupun masih jauh lebih murah daripada harus memanggil service resmi yang harus membayar 300rb per sekali flashing.

Sebenarnya tidak masalah tidak ada yang melarang cuma yaa tidak etis lah, file itu bukan buatan anda, bukan hasil karya anda yang berhak anda ambil keuntungan darinya. Jika file itu buatan pribadi si uploader sih gak masalah, tapi kan kebanyakan hanya sekedar upload saja. memalukan.
Tag : komputer
0 Komentar untuk "Cara flashing firmware TV LED Sharp 24Inch"
Back To Top