Analisa Teknikal penting?

Ada beberapa orang yang mengirimi saya email bertanya kenapa saya membahas topik-topik yang bukan trading dan meminta saya untuk membahas tentang trading saja di blog ini dan bahkan diminta membuat teknikal analisis sekalian. Jawaban saya adalah, ini blog saya dan saya akan memposting apapun yang saya inginkan lagipula saya tidak pernah menyebutkan kalau isi dari blog ini akan dikhususkan untuk trading, dari awal blog ini memang saya fungsikan sebagai tempat untuk mengeluarkan isi pikiran. Dan saya tidak bisa dipaksa untuk selalu memikirkan trading setiap hari setiap menit setiap detik. NO. lagipula ayolah masa sih anda sebagai trader itu mau memikirkan trading terus? kapan menikmati hidupnya?

Apakah analisa teknikal sepenting itu sampai meminta orang lain untuk melakukannya? karena menurut saya analisa teknikal itu bersifat sangat personal ibarat Celana dalam yang tidak perlu untuk diumbar di depan umum karena pandangan setiap orang itu sering kali berbeda walaupun melihat suatu hal yang sama. Bagi saya analisa teknikal itu penting sebagai acuan pengambilan keputusan tapi hal itu penting jika dilakukan sendiri tanpa terjadi nya confirmation bias dari hal external lain seperti analisa orang, analisa berisik fundamental dan sejenisnya.

Tapi apakah analisa teknikal itu selalu penting? tidak juga bagi trader tertentu analisa teknikal itu ga penting sama sekali, bahkan zaman dahulu analisa teknikal adalah sebuah mitos.

Analisa teknikal yang baik itu adalah analisa yang simple, yang mudah dipahami dan yang paling penting teknik yang digunakan untuk membaca chart nya merupakan teori yang universal digunakan oleh trader dunia. bukan teknik membaca chart versi hasil karangan orang yang tidak jelas siapa. Karena apa? market digerakan oleh orang-orang diseluruh dunia karena mereka memiliki pandangan yang seragam jika kita bisa mengikuti cara baca mereka maka otomatis follow the trend bukan lagi sebuah hal yang sulit.

Ingat membuat gampang dipahami berbeda dengan menggampangkan ( *ga sengaja melihat status master fb yang kembali berkoar-koar trading itu gampang lagi* )

Mungkin akan ada yang bertanya, Lho tadi katanya analisa teknikal itu harus dilakukan sendiri tapi ko sekarang malah dibilang harus sama dengan teori universal?

Yang harus sama adalah cara pandang bukan hasil analisa karena kalau hasil analisa bisa saja ada perbedaan walaupun melihat chart yang sama. Tapi pada akhirnya akan menghasilkan posisi yang seirama. yang harus dihindari adalah jika kita melihat analisa orang lain yang mencoba untuk membuat trend versi nya sendiri bukan trend global. Sebagai contoh, trader pada umumnya akan melihat perubahan trend berdasarkan Support and Resistant jika harga menembus resistant bisa dipastikan akan terjadi breakout atau trend continuation atau pembentukan new high.Tapi jika kondisi tersebut dipandang dengan cara pandang lain misalnya dia menggunakan custom indikator yang tidak mempedulikan S/R menurut custom indikator nya akan terjadi pembalikan trend harga akan berbalik arah. Nah yang seperti ini yang harus dihindari.

Contoh analisa


Berikut adalah contoh analisa sederhana untuk Pair GBPJPY timeframe Daily

Diatas saya menggambarkan 2 area S/R, Area 1 sebagai patokan lowest high sebelumnya, Area 1 sudah ditembus itu artinya harga akan membuat high baru dan Area 2 sebagai Area tujuan harga selanjutnya. Pada saat ini harga sedang beristirahat dan prediksi saya harga akan melakukan retest ke area support sebelum akhirnya kembali naik menuju Area 2.

Dengan analisa sederhana seperti ini bisa dihasilkan beberapa pertimbangan keputusan yang tentu kembali kepada karakter trader nya masing-masing. Bisa saja ambil posisi sell sekarang dengan take profit di support, atau bisa juga menunggu di support area 1 bersiap untuk buy atau bisa juga menunggu di Area 2 untuk melakukan aksi sell. ketiga pilihan itu menurut saya adalah opsi terbaik saat ini untuk di Pair ini.

Pair lain atau timeframe lain bisa dianalisa dengan cara yang sama tapi saya tidak menyarankan untuk penggunaan timeframe terlalu rendah, karena semakin rendah timeframe yang digunakan noise yang terlihat akan semakin banyak dan akan membingungkan, Minimal H4 sudah cukup untuk melakukan analisa seperti ini. Yang penting jangan mencampuradukan timeframe, lakukan analisa dengan fokus di satu timeframe jangan sampai terjadi confirmation bias karna pengaruh antar timeframe dalam menganalisa.

Kesimpulan

Jangan terlalu memikirkan trading, jalani hidup ini dengan enjoy. Nikmati hidup dengan mengisi nya oleh hal-hal yang kamu sukai dan jangan suka kepo dengan analisa orang lain, ayo Percaya diri aja dengan analisa sendiri karena pada akhirnya nanti yang bisa menolong kamu adalah diri kamu sendiri bukan orang lain, gak selamanya kamu bisa tergantung dengan orang lain, kan?

oke sukses terus.
Tag : forex
0 Komentar untuk "Analisa Teknikal penting?"
Back To Top