Penjelasan Ending Game Inside

Setelah sekian lama saya tidak bermain game PC akhirnya kali ini saya bermain game lagi. Jujur saja terakhir kali saya bermain video game pc itu sekitar 4 tahun yang lalu dimana waktu itu sedang suka-suka nya dengan video game, lalu kemudian bosan dan berhenti.

Salah satu game yang saya sukai pada waktu itu adalah game berjudul LIMBO, sebuah game platformer yang sangat simple dari segi gameplay dan grafisnya hanya berwarna hitam putih akan tetapi memiliki plot cerita dibaliknya yang bisa membuat pikiran pemainnya bertanya-tanya tentang maksud dibalik semuanya. Bertahun-tahun berlalu dan akhirnya keluarlah game selanjutnya yang bisa dibilang adalah sequel dari limbo walaupun dari segi cerita sebenernya tidak ada hubungannya dengan limbo tapi jika dilihat dengan lebih jeli ada beberapa clue didalam game ini yang menunjukan kesamaan nya dengan limbo. game ini berjudul INSIDE.

Permainan dimulai dengan kemunculan seorang anak berbaju merah yang keluar dari semak-semak dan bergerak maju ke kanan terus menerus menembus berbagai rintangan dan puzzle yang bervariasi dari yang mudah sampai yang cukup sulit. Saya pribadi tidak menemukan banyak kesulitan menyelesaikan puzzle nya, game ini menuntut kita untuk berpikir logis dan praktis kadang out of box dan menjebak rasa ingin tau kita akan sesuatu.

buat yang mendarat di artikel ini saya asumsikan sudah menyelesaikan game nya sampai akhir dan juga unlock secret ending nya karena tulisan dibawah ini mengandung spoiler, yang tidak mau kena spoiler segera close dan selesaikan terlebih dahulu.

The Ending

Jadi permainan berhenti ketika monster blob yang kita kendalikan di level-level terakhir pada akhirnya keluar dari lab dan terperosok kebawah jurang dan berhenti dipinggir pantai terkena sinar matahari, tidak bergerak lagi. Apa sebenarnya yang terjadi?

Sepanjang permainan kita melihat bahwa si bocah berbaju merah ini terus menerus berjalan maju melewati berbagai rintangan tanpa mengetahui apa sebenarnya tujuan akhir dari semua itu. di level akhir ketika si bocah berada di lab dan membebaskan monster blob akhirnya diketahui bahwa semua rintangan tersebut dilakukan untuk membebaskan dia. Monster blob yang disimpan dalam aquarium raksasa tersebut kemungkinan adalah mahluk asing berintelegensi tinggi yang berasal dari dunia lain   ( Limbo? ) yang sedang di reverse engineering oleh scientiest untuk dibuat menjadi mahluk pekerja yang kuat tapi tidak mempunyai pikiran. bisa kita lihat dari sepanjang game para pekerja ini memiliki kekuatan yang besar, tidak mati ketika terjatuh dari ketinggian.

Note: kemungkinan reverse engineering ini tidak hanya terbatas di mahluknya saja tapi dari teknologi gravitasi yang bisa kita lihat di LIMBO ada bagian cerita dimana terjadi manipulasi gravitasi yang membolak balikan arah gravitasi, ini pun terjadi di INSIDE dalam bentuk membalikan posisi air yang ada diatas. dan juga cacing pengendali pikiran yang muncul menginfeksi babi kemungkinan besar itu adalah cacing yang sama yang ada di LIMBO keduanya sama-sama menjadikan subjek yang terinfeksi kehilangan kontrol pikirannya. di INSIDE kemungkinan babi-babi yang mati itu adalah hasil dari eksperimen mind cotnrol yang gagal. di dunia nyata pun babi sering digunakan untuk eksperimen karena memiliki gen yang mirip dengan manusia dan bisa membawa penyakit yang sama dengan manusia.

Lalu bagaimana caranya si bocah ini mengetahui lokasi si monster blob ini? jika dilihat dari plot nya dia sangat hapal rute-rute rumit yang harus dilalui untuk menuju kepadanya. Jawaban paling mungkin adalah mind control. dalam sepanjang permainan si bocah bisa mengendalikan pikiran para pekerja dengan menggunakan helm yang terhubung keatas langit-langit kemudian helm itu tetap bekerja walaupun tidak terhubung dan di pertengahan cerita ketika akhirnya dia tertangkap oleh mahluk gondrong didalam air dia diberikan semacam kekuatan untuk bernafas dalam air seperti dirinya dan sekaligus mengontrol pikiran pekerja tanpa helm. Ini artinya mind control bisa dilakukan tanpa alat penghubung dan kemungkinan besar monster blob lah yang mengendalikan si bocah dari awal sampai akhirnya menyelamatkan dirinya untuk keluar dari aquarium. Jadi sepanjang permainan si bocah adalah sama seperti pekerja-pekerja lain yang pikirannya dikendalikan oleh pihak lain.

Ada yang mengatakan bahwa si bocah adalah mahkluk eksperimen juga yang kabur dari lab, tapi coba perhatikan kalau memang dia kabur dari eksperimen mengapa dia malah mencoba masuk kembali kesana dan juga si bocah ini tidak sama dengan mahluk pekerja yang lain yang tidak mati ketika jatuh dari ketinggian. Sebelum bertemu monster blob saya sempat berpkir juga kalau misi bocah ini ingin membebaskan mahluk-mahluk tak berpikiran ini dari kontrol scientist, karena seolah-olah mahluk-mahluk ini mendukung apa yang dilakukan si bocah.

Pada akhirnya si bocah mati mengorbankan dirinya dilahap oleh si monster blob, kemungkinan si bocah memliki semacam gen catalyst yang bisa memicu si monster untuk berubah memiliki kekuatan untuk kabur darisana, itulah kenapa dia dipilih untuk dikontrol dari awal untuk menuju kedalam aquarium.

Sekeluarnya dari aquarium mengapa monster blob mati? Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya monster blob adalah mahluk dari dunia lain (limbo ) yang kemungkinan besar mahluk ini mempunyai kelemahan terhadap cahaya matahari ( limbo digambarkan dunia kegelapan setelah kematian ) bisa dilihat dari mahluk gondrong dalam air yang takut juga terhadap cahaya terang. sehingga ketika akhirnya dia keluar dari lab dia mati terkena sinar matahari yang mana memiliki kekuatan yang lebih besar daripada hanya cahaya lampu.

Secret Ending
Untuk bisa mendapatkan plot rahasia ini kita diharuskan untuk menghancurkan 14 shining orb sepanjang perjalanan dengan orb terbesar berada di level terakhir setelah itu jika kita memainkan kembali game dari awal ( atau bisa juga langsung load ke chapter 7 ) maka kita bisa membuka pintu rahasia yang berada di bawah ladang jagung dengan kombinasi tombol tertentu yang merupakan nada lagu. Dibalik pintu tersebut terdapat sebuah lorong yang berakhir di sebuah ruangan yang terdapat kabel besar yang terhubung dengan alat seperti helm pengontrol pikiran yang selama ini digunakan si bocah untuk mengendalikan pekerja tapi dengan ukuran yang lebih besar. Disana terdapat kabel besar yang terhubung ke tembok dan satu-satu nya hal yang bisa dilakukan adalah mencabut kabel tersebut dari tembok dan tidak lama kemudian semuanya gelap si bocah pun berhenti bergerak.
secret lab
Saya lebih suka menyebut ini sebagai secret story yg sekaligus alternate ending karena bukan hanya ending tapi plot didalamnya juga membongkar rahasia sepanjang cerita dari awal sampai akhir.
karena ini adalah alternate ending maka ini adalah pengandaian saja seandainya si bocah sadar bahwa dirinya dikendalikan dan memutuskan untuk mengakhiri mind control yang terjadi pada dirinya yg pada akhirnya mengakhiri cerita lebih awal. Nah, mengapa dia bisa sadar ? kunci nya ada di shining orb yang dihancurkan sepanjang game, Kemungkinan shining orb atau bola disko ini adalah semacam access point yang digunakan oleh monster blob agar terhubung dengan si bocah. jadi alat ini semacam penguat sinyal agar mind control yang bisa dilakukan secara wireless tanpa bantuan kabel. sehingga ketika alat ini dihancurkan satu persatu koneksi antar kedua nya hilang dan si bocah mulai sadar dirinya dikendalikan ketika menghancurkan bola terakhir, kemungkinan di dalam bola besar itu dia akhirnya mengetahui lokasi dimana server utama pengendali ini, yaitu berada di ladang jagung. dia akhirnya kesana dan mengakhiri mind control ini sebelum berhasil menyelamatkan monster blob (alternate ending ).

Jika seperti ini maka semuanya yang terjadi dari awal sampai akhir adalah sebuah tes, para scientist sebenarnya mengikuti semua perjalanan si bocah. mereka menempatkan alat mind control wireless di sepanjang jalan, di lab yang berada di bawah ladang jagung pun ada monitor yang kemungkinan digunakan untuk memantau pergerakan bocah ini, di level akhir banyak ditemukan kamera, Yang ingin mereka test adalah kemampuan monster blob ini untuk kabur dari lab sejauh mana dia bisa melepaskan diri dengan hanya menggunakan mind control. mereka sudah tau semuanya bahkan di salah satu level ada semacam diorama bangunan yang berbentuk tebing dan pantai persis sama dengan lokasi terakhir monster blob mati lengkap dengan lampu sorot yang menyinari tepat di tepi pantai seolah-olah mereka sudah memperhitungkan bahwa ketika monster blob kabur dia akan berakhir di pinggir pantai.
Diorama pantai ending
Di level terakhir terlihat para scientist berlarian melihat ke aquarium yang didalam nya terdapat monster blob kemungkinan mereka sudah mengetahui bahwa sebentar lagi monster akan bebas karena si bocah sudah sangat dekat. ketika akhirnya si bocah sudah berhasil masuk kedalam aquarium beberapa orang menunjuk ke monster blob seolah-olah menyuruh si bocah mencabut kabel-kabel yang terhubung ke si monster. ( pada awalnya saya mencoba mencabut kabel yang terhubung ke kaca, karena saya pikir dengan begitu saya bisa menyelamatkan monster tapi ternyata malah ditunjuk ke monster itu ).

Ketika monster ini kabur tidak terjadi kepanikan, terlihat orang-orang malah menontoni si monster seakan-akan sedang melihat sirkus bahkan dibeberpa lokasi mereka membantu memberikan jalan untuk nya. mereka seperti menggiring si monster untuk keluar bahkan di salah satu tempat mereka berkumpul menonton bahkan ada anak-anak duduk manis didepan kerumunan. walaupun akhirnya terdapat kekeliruan ketika salah satu scientist mati terdorong karena menghalangi jalan si monster.
jadi pada intinya everything was designed by them

Si bocah merasa dia mengontrol pekerja padahal dia sendiri dikontrol oleh monster blob, begitupun si monster merasa dirinya tidak lagi dikontrol manusia padahal semua yang dia lakukan sudah di kondisikan oleh para scientist. Jika memang seperti ini? kenapa harus si bocah ditembaki dan dibunuh ketika gagal? kemungkinan semuanya adalah akting untuk memotivasi dia terus maju, di awal pria-pria itu tidak menembak menggunakan peluru tajam tapi menggunakan peluru bius dan ketika tertangkap tangan pun mereka terlihat hanya membuatnya pingsan saja. kecuali mungkin di kasus si anjing liar yang benar-benar membunuh.

Kesimpulan
Untuk sebuah game tanpa dialog INSIDE ini mempunyai plot yang benar-benar dalam mungkin karena itu pula setiap pemain memiliki interpretasi yang berbeda-beda bergantung dari pemahaman nya sendiri. Termasuk tulisan panjang lebar ini yang merupakan pemahaman saya terhadap cerita didalamnya.

Jadi kesimpulan nya terdapat 2 versi ending jika tanpa menyelesaikan secret ending maka ini adalah cerita tentang misi menyelamatkan diri monster dari dimensi lain tapi jika melihat secret ending maka ini adalah sebuah tes apakah monster blob bisa melarikan diri dan sejauh mana dia akan mencoba melakukan penyelamat diri itu.

Jika dihubungkan kembali dengan game LIMBO, teori liar saya adalah LIMBO adalah bagian dari percobaan mengirimakan manusia ke dimensi lain yang kemudian kondisi disana ditiru ( reverse engineering ) oleh scientist untuk pembuatan projek manusia super, alat gravity manipulator dan mind control. itu artinya kedua game ini berada dalam universe yang sama tapi beda dimensi.

Ini adalah game yang sangat saya rekomendasi kan untuk dicoba, tapi akan lebih baik lagi jika memainkan game LIMBO nya terlebih dahulu.


Tag : opini
0 Komentar untuk "Penjelasan Ending Game Inside"
Back To Top