Kenapa Masih banyak orang indonesia yang tertipu paranormal?

Beberapa hari ini media dihebohkan dengan ditangkapnya dua orang yang mempunyai gelar guru spiritual karena melakukan berbagai macam kejahatan. yang satu Aa Gatot ditangkap karena diawali oleh kepemilikan narkoba tapi kemudian kasusnya melebar ke kasus pemilikan senjata api dan pemerkosaan. yang kedua adalah seorang yang bernama dimas kanjeng, ditangkap karena terlibat kasus pembunuhan dua orang muridnya, tapi kemudian melebar ke kasus penipuan penggandaan uang dan penyebaran uang palsu.

Yang Pertama Si Gatot, menggunakan modus belajar agama agar bisa menikmati tubuh wanita-wanita galau yang belajar agama kepadanya. menurut kesaksian korban nya mereka dicekoki dengan barang yang disebut dengan aspat yang menurut si gatot adalah makanan jin ( padahal itu shabu2 ). setelah si wanita tersebut teler sabu, gatot tinggal menikmati tubuhnya dan yang paling konyol alasan gatot supaya bisa menyetubuhi nya adalah ingin mengambil oksigen dari rahim wanita itu karena alasannya dalam tubuh si gatot ada jin yang membutuhkan oksigen dan cara mengambil oksigennya adalah dengan melakukan hubungan sex. ketika ditanya alasannya ko bisa dalam rahim ada oksigen, si gatot menjawab lihat saja bayi 9 bulan dalam rahim bisa hidup, pasti lah ada oksigen didalam rahim wanita. WTF

Yang kedua Si Dimas, ketika pertama kali melihat penampakannya di TV saya serasa tidak asing, ternyata benar dulu saya pernah melihat video si dimas ini sedang beratraksi mengeluarkan uang yang jumlahnya luar biasa banyak dari belakang punggungnya. Saya tidak pernah menyangka kalau ada yang menganggap serius video tersebut karena saya sendiri hanya menganggap video itu sebagai lelucon atau atraksi sulap ga lebih. Rupanya dari aksi pamer-pamer uang itu dia berhasil menjaring orang dari berbagai daerah untuk datang ke padepokannya, mereka datang untuk menggandakan uang. yang datang bukan orang-orang bloon tapi kebanyakan pasti mereka orang terdidik karena gak mungkin orang bloon bisa setor uang sampai puluhan milyar ke si dimas ini, bahkan ada orang yang bergelar Prof. lulusan universitas Amerika yang dengan mati-matian membela si dimas karena dia yakin si dimas ini punya kemampuan menggandakan uang, banyak orang heran kenapa banyak orang terdidik berubah menjadi tolol secara berjamaah begini.?

Singkat cerita ada dua orang muridnya yang sudah setor milyaran tapi uang dobel yang dijanjikan dimas tak kunjung diterima, yang diterima hanya janji-janji kosong selama bertahun-tahun, karena kesal dua orang ini mengancam akan membongkar kebohongan si dimas ke media. Panik lah si dimas kalau sampai terbongkar bisa mati sumber penghasilan nya, maka diputuskan dia menyuruh anak buah nya untuk menghabisi kedua orang ini. dan akhirnya terbongkar lah semuanya.

Apa persamaan kedua penjahat tersebut? keduanya menggunakan agama islam untuk menjalankan aksi - aksinya. mereka mencitrakan diri sebagai orang sakti karena ilmu agamanya tinggi.
Lalu kenapa orang indonesia pada umumnya gampang sekali terperdaya dengan label orang sakti ini? ini bukan kasus pertama, banyak sekali kasus-kasus sebelumnya yang melibatkan manusia berpenampilan ustadz.

1.Tidak terbiasa berpikir kritis tentang agama.
    Agama adalah dogma yang di tanamkan oleh orang tua kita sejak kecil, kita diajarkan untuk patuh sepatuh-patuhnya terhadap aturan agama tanpa kecuali tanpa pertanyaan. Apalagi jika ilmu agama tersebut di sampaikan oleh orang yang dianggap mempunyai otoritas yang tinggi seperti Guru agama, pak Haji dan sejenisnya. Banyak yang menelan mentah-mentah apa yang dikatakan oleh guru agama nya karena ketika dia bertanya dia akan dianggap mempertanyakan kebenaran ajaran agama islam itu sendiri. Agama Islam sebagai agama yang anti-kritik menjadikan pola berpikir kritis ini semakin sulit, banyak orang yang kritis akan dianggap sebagai kafir bahkan murtad. Hal ini yang menyebabkan ketakutan banyak orang untuk berpikir kritis terhadap agama. Banyak juga orang yang saya temui mengatakan tidak tahu ketika saya tanya apa alasan melakukan ritual keagamaan tertentu, rupanya mereka melakukannya tanpa kesadaran hanya sekedar mengikuti apa yang dilakukan orang-orang terdahulu.

Akhirnya karena tidak terbiasa bertanya, ketika diajarkan hal-hal yang tidak masuk akal pun logika pikirannya tidak berjalan normal karena sudah terbiasa jika yang berhubungan dengan agama jangan dipertanyakan, sebagai contoh logika oksigen didalam rahim versi si gatot yang menggabungkan hal gaib dengan science. secara ilmiah itu tidak mungkin tapi karena diberi bumbu gaib dan agama, korbannya langsung percaya tanpa bertanya lagi.

Ini yang menyebabkan orang sekelas Marwah Daud yang sekolah jauh-jauh ke luar negri tapi bisa di bodohi oleh orang sekelas dimas. Orang biasanya sudah terbiasa kritis terhadap hal-hal yang bersifat fisik dan nyata, biasa juga menggunakan logika nya dalam masalah-masalah duniawi tapi ketika berhubungan dengan dunia agama tiba-tiba jiwa kritis nya mati, jiwa ingin tahu nya hilang entah kemana, sehingga otaknya jadi seperti kerbau yang dicocoki hidungnya, menurut saja apa yang diperintahkan kepadanya.

2.Kepercayaan terhadap hal mistis
    Tidak bisa dipungkiri bahwa orang Indonesia sangat lekat dengan hal-hal mistis, banyak kejadian yang masih sering dihubungkan dengan mistis. Contoh jin, masih banyak orang yang percaya jin adalah makhluk gaib yang bisa bekerja sama dengan manusia, melakukan hal hal yang manusia lakukan. Beberapa tahun lalu saya sempat melihat berita tentang ada anak yang di klaim sebagai anak genderuwo yang merupakan kawin campur antara manusia dan jin. Konyol nya banyak yang percaya dengan hal seperti ini, disaat kemajuan teknologi dan pemikiran masih banyak orang Indonesia yang yakin dengan hal hal ilogical seperti ini. Tidak heran ketika penipu pembawa agama ini membawa tema tentang jin mereka dengan mudah nya percaya karena pada dasar nya mereka sudah yakin bahwa jin dan mahluk mistis ini ada.

Saya membaca dalam sebuah buku berjudul kitab Sihir karangan seorang mantan paranormal bernama Ki ngawur permana, disana dia menceritakan bahwa kebanyakan trik-trik paranormal itu lebih banyak menggunakan sugesti dan hipnosis, mereka sengaja berpenampilan layaknya seorang yang disegani. Dukun atau paranormal atau orang yang mengaku dirinya sakti tidak lah sesakti yang dikira kebanyakan orang mereka hanyalah orang yang bermain dengan kekuatan pikiran dan tidak berhubungan dengan mahluk halus atau jin apapun. Memang ada paranormal yang menggunakan perangkat ritual seperti altra, dupa, menyan dan media unik yang terkesan memiliki kekuatan yang berasal dari mahluk halus seperti keris, rajah, dupa, kemenyan, patung tengkorak, lilin, kain hitam, ceker ayam, bulu burung unta, minyak misik dan masih banyak lagi, semua itu digunakan untuk menciptakan suasana mistik. Suasana mistik tersebut akan membantu si dukun memberikan sugesti kepada korbannya sehingga si korban akan lebih mudah masuk kedalam zona keyakinan yang dia buat sehingga sugesti yang tancapkan akan tertanam lebih dalam. padahal barang-barang mistis tersebut bisa kita beli secara bebas di pasar khusus yang menjualnya. Sebagai contoh minyak misik, bisa didapat dengan mudah di toko parfum isi ulang, tidak ada sedikitpun unsur mistik didalam minyak tersebut karena minyak tersebut dibuat dari bahan kimia di pabrik parfum di luar negri, yang menjadikannya mistik adalah si pembeli minyak itu.

Bisa dilihat di contoh kedua kasus itu di rumah mereka melakukan aksinya banyak ditemukan barang-barang aneh untuk meyakinkan korbannya bahwa mereka adalah orang sakti, si dimas contohnya dia memberikan sebuah kantong kain yang dia bilang adalah kantong yang akan terus menerus mengeluarkan uang sebesar 5 juta, ada juga yang uang hasil setorannya ditukare dengan kertas HVS dengan janji nanti kertas tersebut akan berubah menjadi uang, bayangkan betapa tololnya orang yang percaya dengan ini, tapi karena si korban sudah sangat yakin dengan sugesti yang diberikan mereka dengan mudahnya saja percaya dengan perkataan si dimas ini.

3. Mental ingin cepat kaya
     Faktor berikutnya setelah tidak terbiasa kritis dan percaya mistis adalah mental yang ingin kaya dengan cepat. Hal ini harus diakui adalah penyakit masyarakat indonesia yang paling akut menurut saya karena sudah terbukti dari satu kasus klasik yang selalu berulang di masyarakat. yang pertama adalah MLM dan Money Game.

Entah apa yang terjadi di negara ini, MLM dan money game sangat gampang sekali populer walaupun sudah jelas keduanya merugikan tapi iming-iming easy money dan cepat kaya sepertinya sudah sangat mengakar dalam masyarakat sehingga berulang-ulang terjebak dalam lingkaran setan ini. MLM atau multi level marketing misalnya berkali-kali model bisnis ini digunakan oleh segelintir orang untuk menipu masyarakat banyak dengan iming-iming bonus berlimpah dan mimpi-mimpi kekayaan yang tidak masuk akal, tidak semua MLM itu brengsek cara untuk membedakannya adalah MLM yang benar akan fokus ke jualan produk sedangkan MLM brengsek akan lebih fokus ke rekrut member baru,produk hanya dijadikan gimmick semata.

Yang kedua adalah money game, ini adalah level berikutnya dari MLM yg kerjanya hanya member get member, disini secara terang-terangan mereka tidak menjual produk apapun yang dilakukan hanya memainkan uang sesuai namanya. uang diputar antar member dengan iming-iming keuntungan puluhan persen perbulan mengalahkan bunga bank. Banyak yang tertarik dengan money game ini karena asyik nya cuma tinggal transfer uang tidak perlu bekerja tapi mendapatkan keuntungan yang besar setiap bulan. banyak yang rela menjual harta benda atau meminjam uang ke bank untuk disetorkan ke money game ini. pada akhirnya ketika member sudah semakin banyak system money game ini akan colaps karena tidak lagi sanggup membayar keuntungan yang tidak realistis itu. Contoh money game yang sempat populer di indo adalah MMM ( monyet membantu manusia ) milyaran uang menguap disana dan ga sedikit orang yang streess karena uangnya tidak kembali setelah disetorkan. tapi lucunya setelah money game satu mati maka tidak lama kemudian akan muncul money game baru dengan nama yang berbeda tapi sistem yang digunakan sama contohnya adalah 4nesia yang muncul tidak lama setelah MMM, konsep mereka adalah money game tapi tidak seperti mmm yang murni money game mereka menambahkan gimmick usaha bersama yang pada dasarnya adalah omong kosong. saat ini founder nya sudah kabur dan banyak orang gigit jari lagi, tinggal tunggu saja tidak lama lagi akan muncul money game lain dengan nama berbeda.

Ada kemungkinan orang-orang yang tertipu oleh si dimas adalah termasuk orang-orang yang sudah dikecewakan oleh money game sehingga mereka mencari lagi tempat dimana mereka bisa milipatgandakan uangnya, tentu mereka senang bukan kepalang ketika tau si dimas bisa menggandakan uang berlipat-lipat tanpa harus khawatir founder nya akan kabur. walaupun akhirnya tetep gigit jari. orang-orang bermental cepat kaya ini menempatkan si dimas layaknya money game yang bisa memberikan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Intinya ada di mental cepat kaya ini harus dihapuskan, tidak ada cara untuk cepat kaya selain bekerja keras, bahkan di dunia trading online pun jika mentalitas cepat kaya ini dipakai yang ada adalah kehancuran bukannya cepat kaya malah cepat miskin.
Tag : opini
0 Komentar untuk "Kenapa Masih banyak orang indonesia yang tertipu paranormal?"
Back To Top