Mengapa SSD mempunyai kapasitas yg berbeda dengan Hardisk konvensional?


Kemaren tidak sengaja mendapat pertanyaan ini dari seorang teman yang bertanya kenapa ya ukuran kapasitas SSD yang dijual di pasaran itu tidak sama dengan ukuran Hardisk yang biasa pada umunya. SSD dijual dengan ukuran 240GB, 480GB, ada juga yang 256GB. jadi banyak sekali bermacam-macam ukuran SSD yang tersedia, dimana hardisk pada umumya berukuran fix di 250GB 500GB atau 1TB . kenapa seperti itu?

Jawaban sederhanya adalah Teknik marketing yang kurang tepat/keliru. GB yang digunakan oleh ahli komputer dengan GB yang yang digunakan oleh orang pada umumnya memiliki sedikit perbedaan.

Memory internal komputer ( RAM atau Random Acess Memory ) dibuat dan diakses dalam perkalian dan kekuatan dua bilangan ( Powers of two / Binary ). Jika kamu membeli memory komputer dengan kapasitas misalnya 512 MB atau 2GB, "mega-" dan " giga-bytes yang digunakan tidak lah seakurat yang kamu pikir karena di jaman dulu orang-orang di dunia komputer miminjam istilah metrik kilo yang berarti 1000 yang padahal yang mereka maksud ada tidak tepat 1000 melainkan 1024. dan sampai sekarang beberapa sistem operasi dan aplikasi ( dan tentu programmers nya ) masih menggunakan hitungan nilai 1024 yang "salah" ini ketika melakukan kalkulasi antara memory komputer dan penyimpananya.

Ketika hardisk komputer diciptakan, belum ada yang menggunakan binary untuk menghitung struktur elektronik, maka orang marketingnya menggunakan perkalian 1000 ketika berbicara tentang kapasitas penyimpanan ( desimal ). karena dengan begitu akan membuat kapasitas nya menjadi sedikit lebih besar, dan marketing suka dengan yang lebih besar. marketing juga suka dengan angka-angka bulat, maka hardisk-hardisk pada saat itu diiklankan dengan kapasitas 250GB , 500GB atau 2TB semuanya dengan angka bulat.

Solid State Disk atau SSD secara internal lebih terstruktur seperti memory komputer ( dibangun dari binary ) dibandingkan dengan hardisk mekanis ( diukur dengan decimal agar lebih enak ). Sebuah SSD berukuran 250GB kemungkinan memiliki kapasitas "mentah" seperti ini 256x1024x1024x1024 bytes ( terus dikali 8 bits ) . Jadi mengapa tidak menyebutnya sebagai 256GB saja ( menggunakan penghitungan binary yang lama ) atau bahkan 275GB ( dengan menggunakan perhitungan desimal yang baru ) ? lagi-lagi semuanya karena marketing suka dengan dengan angka bulat. dan juga pembeli pada umumnya ( selain dari geek )sudah menyadari bahwa kapasitas dari sebuah hardisk itu tidaklah sepenuh yang diiklankan. kalau di hardisk mekanik hal ini dikarenakan dari perbedaan penghitungan antara desimal dan binary. tapi di SSD sebagian besar dikarenakan oleh sesuatu yang disebut dengan over-provisioning ( potongan kelebihan kapasitas yg tersedia ). maka orang marketing akan memilih angka bulat yang paling kecil yang paling mendekati dan mencerminkan dari kapasitas kosong dari ssd yang bisa digunakan oleh user.

over-provisioning adalah ketika beberapa GB kapasitas SSD di batasi akses nya dari awal produksi. SSD kamu yang berukuran 256GB memiliki 16GB yang dicadangkan untuk penggunaan di masa mendatang yang akhirnya menyisakan 240GB. Jika kontrol internal SSD mengalami mendeteksi adanya kesalahan katakanlah di sector 25, maka dia akan melakukan duplikasi informasi yang berada di sektor yang rusak tersebut ke sektor yang baru di area 16GB tadi dan sektor 25 yang rusak akan secara permanen di matikan ( tidak ditulisi data lagi ) . sektor 25 akan ditandai "sedang diguanakan". di hardisk mekanik kita mengenal hal ini sebagai bad-sector dan salah satu penanganan nya adalah dengan melakukan disable sektor tertentu dan tidak lagi menggunakan sektor tersebut dan semuanya biasa dilakukan dengan manual yang tentu menguras waktu dan tenaga sedangkan di SSD penanganan bad sector ini sudah secara otomatis.

Dengan begini maka vendor seolah-olah mencoba untuk realistis karena user sudah terbiasa ketika membeli hardisk mekanis ukuran 250GB maka ukuran yanga didapat tidak akan sesuai dengan yang diiklankan, di SSD mereka mencoba mendekati ukuran real dari hardisk yaitu 240GB dengan bonus 16GB sebagai penyimpanan sektor cadangan ketika ada kerusakan.
Tag : komputer
0 Komentar untuk "Mengapa SSD mempunyai kapasitas yg berbeda dengan Hardisk konvensional?"
Back To Top