MIUI 8 vs CM13 di Redmi note 3 Pro


Redmi note 3 pro merupakan smartphone yang menurut saya sangat bagus dari segi hardware dan dengan rasio price to performance yang sangat tinggi. Out of Box hp ini sudah dilengkapi dengan OS ciri khas nya xiaomi yaitu MIUI versi 7.3 Global stable ( kebetulan tidak dapat ROM distributor yg banyak iklan ). karena saya tidak suka dengan ROM stable yang seringkali malah sering boros batre dan performanya kurang memuaskan, saya mencoba install versi dev global nya yang sudah menggunakan MIUI 8 tapi buat saya pribadi tidak banyak yang berubah, yang mencolok hanya notification bar nya yang jadi mirip dengan hp Asus.

Secara teori banyak fitur baru di miui 8, katakan lah ada secondspace, video editing di galery, QR scanner, magic ball dan lain-lain tapi dari sekian banyak fitur baru tersebut satu hal yang tidak berubah dari MIUI saya rasakan adalah performance multitasking. sebanyak apapun fitur yang dimiliki tanpa performance multitask yang bagus percuma saja. sebagai contoh reloading tab chrome ketika berpindah tab atau aplikasi, padahal dengan ram 3gb harusnya itu tidak perlu terjadi tapi entah kenapa masih terjadi di rom miui mungkin mereka lupa dengan hal ini dan lebih mementingkan kuantitas fitur daripada performance. tapi ada yang lebih mengerikan daripada ini, miui for mipad adalah mimpi buruk bagi para pengguna gadget android.

karena alasan tersebut saya memutuskan untuk mengganti MIUI dengan custom ROM yang lebih baik, kebetulan xiaomi sedang waras karena mereka sudah merilis source code redmi note 3 pro tidak lama setelah mengeluarkan versi pro nya ( device seri lain tidak seberuntung ini ) . hal ini menyebabkan custom rom untuk RMN3p pun berlimpah dari yang versi CM13 , AOSP, dan masih banyak lagi. dari sekian banyak saya lebih memilih CM dengan alasan basis pengguna yang banyak dan pilihan ROM yang banyak juga.

untuk menginstall nya dibutuhkan cara yang agak lama karena dibutuhkan unlocking bootloader yang membutuhkan izin dari xiaomi. Untuk melakukan unlocking tahapnya adalah sbb:


  • Update MIUI ke versi Developer ROM terbaru bisa didonlod disini jangan lupa pilih yang versi qualcom global jangan tertukar dengan special edition
  • Update yang paling mudah gunakan udpater bawaan hp kemudian ingat, ketika ganti ke dev rom akan menghapus semua data jadi sebaiknya backup data penting terlebih dahulu. 
  • Harus diingat cek dulu ROM yang sedang jalan sekarang apakah ROM abal-abal atau global karena ROM abal-abal atau ROM china tidak bisa langsung di flash dengan updater internal, harus menggunakan komputer caranya bisa dilihat di sini
  • Setelah masuk di dev rom segera buat atau login ke akun mi
  • lalu masuk ke http://en.miui.com/unlock/ masukan no.hp dan alasan kenapa ingin unlock
  • Tunggu sekitar 2 harian sampai mendapat sms balasan diizinkan unlock
  • Download aplikasi mi unlock di link sebelumnya kemudian login mi id dan akan ada instruksi untuk masuk ke bootloader mode.
  • matikan hp kemudian nyalakan dengan menekan tombol volume bawah + power sampai keluar logo kelinci yang sedang ngelas.
  • colokan kabel usb dan klik unlock
  • selesai deh
*kadang sms tidak diterima, tapi jika dalam jangka waktu 1 minggu sms tidak ada, langsung saja coba unlock biasanya terjadi karena sms yang dikirim dari server xiaomi terganggu padahal sudah dapat izin.

Selesai unlock tahap berikutnya adalah install TWRP, kemudian install ROM CM13 yang diinginkan
Tutorial lengkapnya bisa dlihat disini

karena source nya sudah tersebar maka akan ada banyak versi dari CM ini , bisa dilihat disini . untuk daily driver saya menyarankan CM based ROM dibanding dengan yang lain karena lebih stabil walaupun statusnya masih beta atau nightly.

untuk hasil yang maksimal gunakan juga custom kernel. ada yang menarik dari custom kernel ini yaitu kebanyakan custom kernel akan membuka fitur Quick Charge 2.0 yang membuat pengisian batre jadi jauh lebih cepat tapi dengan syarat menggunakan charger yang sudah support qualcom quickcharge 2.0 juga

Beberapa kelebihan Custom Rom CM13 dibanding MIUI global

4G ready
Karena xiaomi bermasalah dengan TKDN ketika masuk indonesia mereka tidak bisa menjual hp 4G redmi note 3 pro maka solusinya mereka mengunci fungsi 4G di ROM global nya. hal ini tentu tidak akan terjadi di custom rom karena custom rom tidak peduli dengan TKDN. walaupun ada trik untuk menampilkan koneksi 4G di miui 8 tapi sifatnya sangat merepotkan karena karena harus berulang kali di setting ketika restart atau update.

Smooth Performance
Seperti yang sudah saya ceritakan bahwa saya tidak suka dengan performa multitasking miui maka hal tersebut dibayar lunas di rom CM13. tidak ada reload otomatis ketika berpindah aplikasi atau aplikasi background yang di autokill. sangat smooth dibanding dengan MIUI yang boros RAM

Battery Lebih Irit
Ketika saya bandingkan denan MIUI, konsumsi baterai dari CM13 cenderung lebih efektif terlihat dari ScreenOnTime yang didapat di CM13 bisa lebih lama daripada MIUI.

Beberapa Kekurangan CM13

Kalau ada kelebihan pasti ada kekurangan dan itu terjadi juga di CM13 beberapa diantaranya adalah

Camera
Dari sektor kamera banyak yang bilang kualitas kamera dari CM13 jelek dibandingkan dengan MIUI tapi saya pribadi tidak merasakan perbedaan yang signifikan dari kualitas gambar maupun performa kamera,, cenderung sama saja. tapi selera orang pasti berbeda-beda.

Buggy
Jika kamu termasuk orang yang ingin selalu uptodate dengan OS terbaru cm13 menyediakan update yang berkala, untuk versi nightly official nya bisa 1 minggu sekali mendapatkan update. ini bagus untuk mengatasi berbagai macam bug akan tetapi bukan tidak mungkin justru sebaliknya,yang didapat malah bug di udpate terbaru. saya pun pernah mengalami bug lampu led notifikasi yang tidak berfungsi di cm13 update terbaru dan butuh waktu beberapa hari untuk developer menemukan masalahnya dan merilis versi terbaru. sebenarnya hal ini juga terjadi di miui versi developer jadi kembali lagi ke selera masing-masing.

No MIUI apps
tentu saja karena tidak menggunakan OS miui otomatis pengguna cm13 tidak bisa merasakan fitur-fitur bawaan miui seperti cloud backup dan find my phone. walaupun sebenarnya banyak sekali alternatif dari aplikasi miui tersebut sebagai contoh untuk backup foto saya lebih senang menggunakan google photos karena penggunaanya lebih fleksibel cross-device dibanding photo backup bawaan miui, contact update pun sebenarnya sudah menjadi bawaan android tidak membutuhkan apps tambahan lain, find my phone bisa menggunakan android device manager bawaan google.


0 Komentar untuk "MIUI 8 vs CM13 di Redmi note 3 Pro"
Back To Top