Solusi black screen setelah update xserver di opensuse

Snapper adalah sebuah program yang ada di beberapa disrto linux berbasis brtfs dalam kasus ini opensuse 13.2. fungsi nya adalah melakukan backup file ketika user melakukan instalasi atau autoupdate. Jika di windows saya mengenalnya dengan system restore dengan fungsi yang sama program ini dapat mengembalikan system ke waktu tertentu. untuk mengaksesnya bisa lewat yast2 atau melalui console.

Biasanya snapper dijalankan setelah melakukan update satu atau beberapa komponen yang pada akhirnya menyebabkan komputer beroperasi tidak normal seperti yang pernah saya alami beberapa hari yang lalu ketika melakukan autoupdate xserver yang ternyata setelah di update dan restart xserver failed dengan hanya menyisakan layar hitam tanpa ada pesan error apa-apa.

sepertinya update xserver dan xorg kali ini mengakibatkan driver graphic mengalami kerusakan sehingga suse tidak bisa menampilkan desktop, beberapa hari sebelumnya saya sempat melihat postingan salah satu member grup opensuse yang melaporkan perihal update xorg ini juga, yang dia alami adalah booting time yang lama setelah update. saya sempat menunggu 30 menit berharap gejalanya hanya booting time tapi ternyata bukan dan desktop tetap tidak bisa load. :sedih:

Untuk mengatasinya, cara termudah adalah menggunakan snapper. untuk mengaksesnya tekan ctrl+alt+delete ketika layar hitam, akan kembali ke layar login, pilih icon shutdown dan pilih console login. akan ada peringatan,pilih OK. login menggunakan akses root, jika sudah ada dua cara mengakses apper. lewat yast atau langsung lewat perintah console. jika kamu terbiasa dengan versi desktop bisa ketikan yast kemudian akan muncul window yast pilih snapper di menu paling bawah (miscelllaneous).
1. pastikan current configuration nya di set root
2. pilih pasangan pre dan post snapshots dari list yang ada. cari snapshot yang memliliki tanggal terdekat, dalam kasus ini cari snapshot yang memiliki keterangan autoupdate.
3.setelah dipilih tekan alt+s untuk melihat perubahan apa saja yang akan terjadi jika menggunakan snapshots tersebut.di bagian ini akan berlangsung agak lama tergantung dari banyaknya file yang dimodifikasi
4.setelah daftar nama file-file nya muncul tinggal dipilih saja atau dicari file system mana yang mau di restore dalam kasus ini file xorg dan xserver dan teman-temannya. pilih file yang diinginkan dan tekan alt+r untuk merestore. 

Cara kedua, yang menurut saya lebih cepat adalah lewat console.
1. setelah login sebagai root, ketikan snapper list -t pre-post
2. akan muncul table yang berisi daftar dari snapshots yang bisa digunakan. yang harus diperhatikan adalah kolom pre post dan label. lihat label yang bernama autoupdate dengan tanggal terbaru dan lihat pre post nya.
3. setelah didapat nomor pre post yang tepat ketikan snapper -v undochange pre..post . pre dan post disini adalah nomor dari pre post yang akan digunakan yang berada di kolom pre dan post.
4. hit enter dan tunggu sampai proses restorasi file berhasil.

Setelah selesai reboot dan desktop akan muncul seperti sediakala. jika masih ingin melakukan update, lock dahulu xorg dan xserver supaya tidak ikut di update supaya masalah tidak terulang.

good luck

Tag : troubleshoot
0 Komentar untuk "Solusi black screen setelah update xserver di opensuse"
Back To Top