Terror Management Theory

Secara pribadi saya pernah berpikir tentang hal ini, tentang sebuah basic fear manusia tentang sesuatu yang tidak diketahuinya, manusia cenderung untuk takut terhadap sesuatu yang tidak diketahuinya contohnya takut gelap, takut hantu,fobia,takut dosa dan lainnya dari ketakutan itu jadi muncul pertanyaan kenapa manusia bisa takut?. Dan hari ini terjawab dalam sebuah teori yang disebut terror management theory.

Apa itu terror management theory? secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut
"Semua hal yang pernah dicapai oleh umat manusia diluar kemampuan bertahan hidup dasar, telah dimotivasi oleh ketakutan mendasar dan tak tereduksi terhadap ketiadaan ( baca: kematian ). Konsep kita tentang diri dan harga diri biasanya hanyalah penyangga terhadap kecemasan yang datang dari kesadaran bahwa kehidupan kita akan berhenti disuatu saat. Budaya hanyalah khayalan yang dibuat bersama-sama dalam skala besar yang tujuannya untuk mengurangi ketakutan manusia terhadap hal yang tidak diketahui dan akhirnya kematian.Maka kita cenderung untuk menganggap sebuah karya seni sebagai karya yang abadi,menempatkan nilai-nilai dalam garis keluarga dan keturunan dengan satu tujuan dasar untuk memproyeksikan diri kita setelah kematian. Kita mencari kenyamanan dalam sistem nilai yang pada akhirnya memunculkan banyak struktur yang berasal dari sistem nilai ini seperti konsep kekerabatan biologis,identitas nasional/politik,keyakinan agama, dan lain lain. Ini termasuk keyakinan dalam nilai yang melekat untuk memastikan masa depan kemanusiaan melalui kemajuan ilmu pengetahuan. Memang banyak kehidupan Barat modern dikhususkan untuk menghindari kematian,berbagai eufemisme dan frasa yang biasa digunakan ketika berkabung, seluruh industri pemakaman rumah tangga yang berfungsi untuk menghilangkan kematian dari kegiatan kehidupan, dari rumah dan ke meja pembalseman atau ke krematorium. kita cenderung membangun kecerdasan untuk menghindari realitas brutal tentang kematian"

"There are no turtles at the bottom-- it's nothingness all the way down"
Intinya adalah apapun yang telah kita lakukan dan yang akan kita lakukan semuanya termotivasi oleh teror ketiadaan dan melawan kematian.

saya menulis ini bukan berarti ini adalah pandangan pribadi saya tentang kehidupan dunia, saya menyukai teori ini karena teori ini mencoba untuk menjawab pertanyaan dasar tentang kenapa manusia melakukan sesuatu yang kadang tidak bisa saya pahami. ada beberapa orang yang setelah membaca teori ini akan merasa kehidupan itu tidak bermakna, hidup itu tidak ada gunanya.bagi saya tidak sama sekali seperti itu. saya suka dengan quote dari Abraham maslow yang mengatakan "jika saya dilempar dari pesawat di tengah laut dan diberitahu bahwa pulau terdekat jaraknya 1000 mill saya akan tetap berenang menuju pulau itu dan saya akan membenci orang yang menyerah".

Leave your little mark on the world even if you're staring down the barrel. That's what it means to be human.

Just stay alive
Tag : life
1 Komentar untuk "Terror Management Theory"
Back To Top