Koneksi Modem Huwaei E173 di openSuSE 13.2

Pada dasarnya untuk mengkoneksikan modem usb stick di distro linux relatif mudah karena kebanyakan distro-distro terkenal sudah menambahkan drivernya termasuk di distro kesukaan saya openSuSE yang pada saat artikel ini ditulis sudah mencapai versi 13.2

step dasar untuk melakukan koneksi internet dengan modem huwaei E173 di openSuSE 13.2 adalah sebagai berikut.

1. Koneksikan modem ke port USB dan klik di icon connection di tray pojok kanan bawah. kemudian klik gambar kunci inggris untuk membuka connection editor
2. di connection editor pililh add+ kemudian pilih mobile broadband
3. akan muncul pilihan mobile broadband connection wizard, jika modem sudah terdeteksi dengan sempurna biasanya akan muncul tipe modem dibagian "create a connection for this mobile broadband device" dropdown. tapi jika belum terdeteksi dengan benar atau suse hanya mendeteksi cd drive nya saja yang akan muncul adalah any gsm device. tidak apa terus lanjutkan ke step berikut.
4. Pilih Negara tempat operator berada, dalam kasus ini saya pilih indonesia dong ya.
5. Pilih provider atau oprator GSM yang kamu gunakan, kalau seandainya kamu menggunakan operator yang tidak umum bisa menambahkan nya secara manual di text box dibawahnya. di contoh ini saya gunakan operator 3
6. pilih APN, dalam kalau sebelumnya pilih operator tri maka apn defaultnya akan langsung tersedia tapi jika ingin menggunakan apn lain bisa ditambahkan manual juga.

7. pilih finish maka koneksi telah tercipta dan kamu bisa langsung koneksi ke internet dengan memilih connect di tray.

Ada sedikit masalah ketika openSuSE mencoba untuk melakukan deteksi huwaei E173 ini, masalahnya ada di modul usbmodeswitch nya yang kadang kebingungan untuk melakukan switching antara mode modem dan mode cd drive. jadi kadang ketika modem di tancapkan yang terdeteksi hanya modem atau kadang hanya drive yang isinya driver windows nya saja yang tentu gak berguna di dunia linux.

Nah, untuk mengatasi modem yang tidak terdeteksi dengan sempurna di openSuSE dibutuhkan update hardware repo untuk modem Huwaei E173 untuk melakukannya buka terminal dan ketikan perintah berikut:
sebelumnya pastikan login sebagai root dengan perintah su dan masukan password root
zypper ar -f http://download.opensuse.org/repositories/hardware/openSUSE_13.2/hardware.repo
zypper ref

( akan ada pemberitahuan apakah kamu mempercayai repo baru yang di tambahkan, pilih A )

zypper in --from hardware usb_modeswitch
setelah prosesnya selesai, silahkan reboot dan modem akan terdeteksi dengan lancar dan suse tidak akan kebingungan lagi ketika melakukan switching usb.

semoga bermanfaat.
Tag : troubleshoot
0 Komentar untuk "Koneksi Modem Huwaei E173 di openSuSE 13.2"
Back To Top