Simbolisme 2 Tower


Sore ini tiba-tiba ingin baca-baca kembali tentang simbolisme, dari dulu saya cukup tertarik dengan simbolisme gara-gara khatam semua novelnya dan-brown yang penuh dengan simbolisme mulai dari agama sampai budaya dan juga dulu saya penggemar teori konspirasi illuminati ( udah tobat ). kali ini saya akan bahas tentang simbolisme 2 tower.

Tanpa disadari simbolisme 2 tower ada disekitar kita, pernah nonton film legendaris Lord of the rings: Two Towers ?  pastinya bukan tanpa tujuan penggunaan two towers sebagai title yang tentunya memiliki arti dan makna tertentu. pertanyaannya adalah darimana origin atau asal dari two tower ini?

Diseluruh dunia kita bisa dengan mudah menemukan 2 tower ini atau kadang disebut menara kembar, 2 pilar dll. tentu familiar dengan bangungan-bangungan berikut.

Twin Tower WTC
Whale twin tower- Eropa

Menara Petronas Malaysia



Italy

Germany 

Inggris

Taiwan

Ada apa sih dibalik 2 tower ini? mengapa banyak sekali yang menggunakan konsep tersebut untuk bangunan? jawabannya ada di mesir kuno, nenek moyang nya simbolisme.

jika kita tarik benang merah dengan mesir kuno maka 2 tower ini adalah representasi dari Simbol Phallic yang merepresentasikan sebuah ritual kematian dewa osiris yang juga merupakan simbol sex yang menggambarkan 2 buah alat kelamin pria.

Simbolisme Phallic di mesir kuno
"Tubuh osiris diikat di punggung banteng suci, Apis. Osiris telah dibalsem ( dimumikan ) untuk dimakamkan dan pot dibawah banteng itu berisi organ dalam osiris. diatasnya terbang seekor elang yang melambangkan KA atau roh. dan langitnya ditopang oleh 2 pilar Phallic"
-dikutip dari buku Symbol, sex and the stars-Ernest Busenbark

Phallic merupakan bentuk puncak dari phallus. Phallus berarti Penis terutama ketika ereksi, Phallus adalah objek objek yang merepresentasikan penis atau dibentuk mirip penis yang sedang ereksi
objek apapun yang secara simbolis mengacu kepada penis bisa disebut dengan phallus, tapi objek ini lebih sering disebut phallic yang merupakan simbol yang merepresentasikan kesuburan dan implikasi budaya yang dihubungkan dengan organ sexual pria dan orgasme pria

 di indonesia dan India phallus dikenal dengan lingga yang selalu dipasangkan dengan Yoni yang berarti menggambarkan keharmonisan. simbolisasi lingga-yoni banyak ditemukan di dinding-dinding candi dan yang lebih jelas kamu bisa melihat lingga yoni terbesar di indonesia yaitu dijakarta yang merupakan monumen nasional.


dua obelisk di mesir yang juga merepresentasikan 2 Phallic

Bangunan semacam ini secara sadar atau tidak membentuk simbolisme yang mengacu kepada phallus. secara sengaja atau tidak membentuk penis manusia sebagai bangunan telah digunakan oleh banyak orang mulai dari tempat wisata, bangunan pemerintahan dan tempat peribadatan diseluruh dunia. Orang yunani kuno dan roma merayakan festival phalic dengan membuat kuil dengan sebuah phallus untuk menghormati Hermes, Sang utusan tuhan. Figur hermes kemungkinan berhubungan dengan dewa mesir Min yang digambarkan sedang memegang sebuah Phallus. gambar wanita dengan phallus telah ditemukan di sepanjang yunani dan Yugoslavia. simbolisme phallus ditemukan dalam arsitektur babylonia kuno dan Kekasiaran Roma yang kita tahu sangat religius yang akhirnya sering menggambarkan phallic dalam berbagai arsitektur dan berbagai item. Bahkan di kebudayaan yang juah dari Roma yaitu Asia tenggara termasuk indoneisa, Mali, Korea dan jepang juga menggunakan Phallus sebagai simbol kesuburan dalam motif kuil dan berbagai hal kesehariannya.

Para peneliti menyatakan penggunaan Phallus/Phallic dalam arsitektur terutama gedung pencakar langit yang biasanya mendominasi dataran sekitarnya merupakan simbol dari dominasi, kekuatan dan kekuasaan politik laki laki.















Tag : life
0 Komentar untuk "Simbolisme 2 Tower"
Back To Top