Cara mudah meningkatkan Performa Handset Android Dengan RAM 512 mb


Saat ini mungkin jumlah handset android yang berkapasitas RAM 512mb sudah mulai jarang, minimal Ram yang disematkan dalam handset keluaran terbaru adalah 1Gb. bahkan handphone china murah pun sudah mulai meninggalkan ram 512 sebagai dapur pacunya.

Tapi ada beberapa handset yang keluaran 2011 - 2012 yang masih menggunakan ram 512 dan sampai sekarang masih banyak yang setia dengan handsetnya tersebut entah karena memang gak ada lagi, atau handsetnya tersebut merupakan barang langka yang sudah tidak ada dipasaran.

masalah yang dihadapi oleh handset semacam ini adalah performa yang kurang cepat apalagi biasanya processor nya masih bertipe single core sehingga kecepatan pemrosesan data dari aplikasi yang diinstal menjadi banyak berkurang. semakin hari aplikasi-aplikasi mobile mulai menuntut jatah Ram yang besar supaya bisa berjalan dengan normal mulai dari social media seperti facebook,path,instagram, atau program chat seperti whatsapp, BBM, line, kakaotalk dan sebagainya. semakin banyak kita menginstall program maka semain berat beban yang harus ditanggung oleh handset kita apalagi dengan Ram 512 sangat kurang sekali.

dari sekian banyak aplikasi yang membutuhkan Ram yang besar ada satu aplikasi chat populer di indonesia yang sepertinya wajib ada di handset androidnya yaitu BBM. permasalahan yang sering diderita oleh para pengguna BBM di android adalah penggunanan resource RAM bbm yang sangat besar bahkan menurut saya pribadi penggunaannya gak wajar untuk sebuah aplikasi chating. karena saya membandingkan dengan aplikasi chat yang lain tidak membutuhkan ram yang sebesar bbm. jika dirata-ratakan penggunaan resource nya sendiri minimal 80mb dan bisa meningkat seiring dengan semakin banyak aktivitas chat yang dilakukan, tidak jarang handset kamu akan restart saking stress nya mungkin dengan bbm ini.

lalu bagaimana mengatasinya?, pertama yang harus kita cari adalah sebenarnya aplikasi apa sih yang selain aplikasi yang kita installkan yang menggunakan banyak RAm, coba perhatikan ketika handset kamu masih baru dan kamu lihat di proses maka ram yang terisa biasanya hanya sekitar 70-50% nya saja. kemana sisanya dan siapakah pelakunya?

dari pengamatan saya yang menjadi pelakunya adalah sebuah service bawan google yang bernama Google Play Service. jika kamu perhatikan aplikasi yang berjalan di background ini akan terus-terusan berjalan bahkan ketika kita tidak melakukan apapun dan selain ram aplikasi ini juga menggunakan resource battery yang cukup signifikan. maka solusnya adalah sederhana sebenarnya yaitu dengan menghilangkan semua atribut aplikasi google yang ada di handset kamu.

tapi bagaimana caranya?

ada 2 cara yaitu dengan install custom rom dan dengan manually uninstall google service.

cara yang pertama cenderung lebih mudah dari yang kedua karena cara pertama kamu hanya perlu mendownload custom ROM yang dibutuhkan dan cocok denan handset kamu dan setelah itu di tahap install Google apps kita skip alias tidak kita installkan google apss nya. dan selesai sampai disitu. untuk custom ROM sendiri tidak semua handset tersedia biasanya custom rom tersedia untuk handset populer dengan merk besar seperti sony, samsung, LG, asus, dll biasanya merk-merk tersebut memiliki basis pengguna international yang banyak sehingga pengembangan custom rom menjadi lebih cepat.untuk mendownload custom rom bisa dilakukan di forum xda-developers.com.

cara kedua agak sedikit repot, yang pertama handset harus di root terlebih dahulu, tiap handset punya cara masing-masing untuk proses rootnya tapi biasanya semuanya serba simple dan tanpa resiko. setelah di root installkan aplikasi yang bisa mengakses aplikasi system untuk dihapus dalam hal ini google play services dan kroco-kroconya saya menyarankan menggunakan Titanium backup atau link2sd. usahakan backup terlebih dahulu aplikasi yang akan di hapus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. hapus semua aplikasi yang berhubungan dengan google seperti google maps,gmail,hangout,play store dll.

kemudian yang jadi masalah adalah apakah tidak apa2 handset android tanpa Google apps? jawabannya adalah tidak apa-apa gan. ada yang pernah dengar nokia X? ya itu handset android yang dirlis nokia tanpa google apps dan bisa berjalan normal. mungkin ini juga yang jadi alasan nokia tidak menyematkan googel apps dalam barang dagangannya karena seingat saya spek nokia x masih menggunakan ram 512.

kekurangannya tentu kita tidak bisa lagi menggunakan aplikasi google atau aplikasi yang membutuhkan account google untuk menjalankannya tapi tenang kita bisa melakukan substitusi aplikasi google dengan aplikasi pihak ke 3 yang menurut saya cukup bisa menggantikan kepergian aplikasi google dari handset kamu. atau kita bisa saja langsung menggunakan browser untuk mengakses layanan google seperti gmail atau youtube dan lainnya.

untuk urusan install aplikasi biasanya kamu menggunakan PlayStore tapi karena sudah menghapus google apps maka playstore tidak bisa lagi digunakan dan sebagai gantinya kita bisa menginstall aplikasi store yang lain. beberapa rekomendasi saya adalah apptoko, blackmart, amazon appstore onemobile. tapi hati-hati ada aplikasi store yang berprilaku buruk dengan menyebarkan spam di handset kita seolah-olah handset kita ini semacam billboard.

tanpa Google Play Service (GPS)  handset 512 kamu bakal terasa lebih cepat apalagi jika kamu menggunakan BBM dan aplikasi chat lain maka akan sangat terasa perbedaannya. dari pengalaman saya ketika masih ada GPS handset akan cenderung hang dan menampilkan layar hitam di perpindahan antara aplikasi karena kekurangan ram dan ketika GPS dihapus segala jadi lebih lancar dan tidak ada lagi layar hitam atau hang ketika membuka apps.


selamat mencoba.
Tag : troubleshoot
0 Komentar untuk "Cara mudah meningkatkan Performa Handset Android Dengan RAM 512 mb"
Back To Top