Bersihkan Chart, chart berantakan pikiran juga ikut berantakan.

Indikator akan bagus jika merupakan bagian dari sistem kamu, tapi jika tidak buang ke tempat sampah. terlalu banyak indikator itu berarti menambah beban dalam otak kita, dan kalau semakin ditambah terus dengan angka-angka yang berasal dari indikator itu bukan akan bertambah baik tapi tambah hancur. otak kita, jikapun tidak kebingungan dengan konflik informasi didalamnya, biasanya hanya akan menghapus begitu saja info extra tersebut. mungkin kamu sudah pernah mengalami ini: pernahkah kamu melihat kembali trading kamu yang loss dan baru sadar kamu ternyata melewatkan signal yang mengatakan kalau kamu seharusnya tidak mengambil posisi saat itu? padahal itu ada didepan mata kamu saat itu tapi entah bagaimana kamu tidak melihatnya ketika akan mengambil keputusan open posisi? pernah kan kamu menggaruk garuk kepala sambil keheranan apa sih yang sebenarnya terjadi?

yang harus kamu ketahui, otak kita melakukan pekerjaan yang sangat hebat dalam memfilter segala sesuatu yang tidak menghasilkan outcome yang positif bagi kita. ini adalah salah satu cara otak untuk menghadapi stress. kita mempunyai cara natural yang positif dalam menciptakan sebuah bias yang positif  meskipun informasi yang didapat saling bertentangan. dengan kata lain, jika kita ingin membuka posisi buy, dengan berdasarkan indikator yang kita gunakan dan sudah membentuk signal, otak kita akan mencari alasan untuk open buy walaupun mungkin posisi tersebut bukanlah posisi terbaik untuk diambil, kita hanya akan menitikberatkan kepada info yang mendukung bias tersebut.

yang lebih parah, otak kita juga akan mencari dukungan bias yang selanjutnya walaupun ketika posisi yang kita buka tersebut akhirnya berlawanan dengan kita. pernahkah kamu membuka posisi yang pada awalnya tidak berjalan sesuai rencana kemudian kamu mengganti time frame ke yang lebih tinggi untuk melihat apakah masih layak untuk menahan posisi itu? dalam dunia stock/equities hal tersebut disebut "merubah trade menjadi investasi"

ya, jika trade atau posisi kamu sudah salah dari awal, merubahnya menjadi sebuah investasi jangka panjang dengan menahan floating minus tidak akan menolongmu, akan lebih baik jika cukup di cutloss dan move on.

chart yang penuh dengan indikator melebihi apa yang dibutuhkan hanya akan memberimu terlalu banyak informasi yang saling bertentangan. sekali lagi, otak kamu akan dengan mengabaikan informasi tersebut karena informasi tersebut akan menyakitkanmu dan otak tidak mau kamu tersakiti. ya mungkin kamu akan "melihat" informasi tersebut, tapi arti penting dari indikator tersebut akan meredup di alam bawah sadar kamu.

untuk pemula,sebaiknya hapus semua indikator dan sisakan cukup informasi harga saja ( candlestick adalah dasar yang bagus ). hanya tambahkan indikator jika sangat dibutuhkan oleh sistem tradingmu. dan jika strategi trading kamu membutuhkan buanyak indikator ada baiknya strategi tersebut ditinjau ulang untuk menganalisa kira-kira indikator mana yang bisa dihilangkan tanpa mempengaruhi performa. semakin simple, semakin baik.

secara personal, saya tidak trading dengan banyak indikator, lebih sering menggunakan garis trendline dan fibonanci atau kadang ditambah dengan satu moving average untuk variasi chart.

hampir semua indikator itu telat atau lagging artinya basis perhitungan indikator adalah berdasarkan harga di masa lalu, dan itu berarti indikator hanya memberitahu seperti apa pergerakan dinamis market di masa yang telah lalu.

sebagai trader kamu harus hidup dimasa sekarang, hidup di tepi chart yang sedang berjalan bukan yang dimasa lalu. yang harus diingat, walaupun indikator juga bisa bermanfaat kamu harus bisa melakukan segala sesuatu yang kamu bisa untuk meminimalisir noise atau false signal yang tercipta dari indikator tersebut. terlalu banyak noise dan signal yang berlawanan akan mengakibatkan trading paralys ( merasa tidak nyaman ketika buy, atau sell atau bahkan ketika tidak op sama sekali ) atau sampai ke kondisi mengabaikan semua informasi kecuali informasi yang bias mu ingin lihat.

bagian dari hidup dimasa sekarang sebagai trader adalah menerima bahwa market akan melakukan apapun yang dia mau tanpa peduli dengan apa yang dia lakukan di masa lalu. kamu pikir euro tidak bisa naik lebih tinggi? bisa saja. kamu pikir dollar sudah overbought? mungkin saja, atau mungkin juga akan terus naik untuk meningkatkan nilainya. indikator tidak akan menghentikan mata uang, stock, atau apapun dari gerakannya malah euro itu gak tau MACD itu apa dan gak akan peduli. MACD hanya bereaksi terhadap aliran order dan aliran order tidak hanya melihat MACD.

konsep overbought dan oversold tidak dimengerti oleh harga, harga tidak peduli dengan kedua hal itu. harga akan tetap terus berada dalam posisi "overbough/sold" dalam beberapa indikator selama order yang sama terus mengalir menguatkannya.

jadi kapanpun kamu merasa takjub ketika melihat indikator baru yang terlihat hebat yang bahkan kamu tidak paham sedikitpun dengan konsep matematika dibelakangnya dan kamu berniat untuk mengorbankan uang hasil jerih payahmu dalam indikator ini, maka pikirkanlah ini:

jangan jadi seperti anjing itu.
Tag : forex
0 Komentar untuk "Bersihkan Chart, chart berantakan pikiran juga ikut berantakan."
Back To Top