Mengatasi komputer yang bootloop


Istilah bootloop biasanya dipake di dunia per android-an. biasanya karena sehabis install custom rom yang tidak cocok yang mengakibatkan si hp terus menerus restart setelah sampai di logo androidnya.

tapi jangan salah, komputer juga bisa bootloop biasanya mentok di layar loading awal.

penyebabnya bisa macem-macem.

- hardisk badsector.
ini bisanya akan kena di komputer yang tidak menggunakan ups buat melindungi hardisknya dari mati lampu tiba2. cirinya biasanya ada pesan error sebelum boot loop berupa kata2 yang intinya ada file yang corrupt. sebenarnya kalau sudah berurusan dengan bad sector solusi finalnya itu ganti hardisk. berbagai macam hal yang kamu lakukan walaupun bisa membuat komputer nyala kembali itu hanya sifatnya sementara.

- driver conflict
kalau ini cirinya adalah ada nya bluescreen setelah layar loading awal. biasanya bluescreen nya gak sempat kamu lihat karena durasinya cuma 0,5 detik dan komputer langsung restart.
solusinya masuk ke Safe mode, pencet f8 sebelum masuk layar loading dan setelah bios nanti ada pilihan safe mode, pilih deh terus jika sukses masuk ke desktop matikan semua startup program.uninstall program terakhir yang kamu install sebelum komputer error.

-file system ruska
kalau ini biasanya jelas setelah atau sebelum loading screen akan ada peringatan kalau ada file system yang rusak. solusinya gunakan dvd instalasi atau flashdisk untuk melakukan perbaikan.
0 Komentar untuk "Mengatasi komputer yang bootloop"
Back To Top