Solusi motherboard matot

Dalam dunia komputerisasi pasti pernah bertemu dengan yang namanya motherboard atau dalam bahasa indonesia berarti ibupapan atau ibunya si papan...hahaha.. just kidding. nah ketika kita berhadapan dengan motherboard ada kalanya si mother ini matot atau mati total alias kagak bisa nyala. penyebabnya bisa macem-macem, bisa karena main-main dengan overclock,kelebihan daya, kesambar petir, atau kena tumpahan kopi, atau bisa juga karena terlalu sering dinyalakan nonstop sampe overheat, dan atau-atau yang lain silahkan di tambahkan.
kalau dalam kasus saya, motherboardnya mati karena kesenggol, ya betul kesenggol. mungkin motherboard yang saya pake termasuk motherboard sentimentil atau gampang tersinggung, kesenggol dikit langsung ngambek ga mau ngomong, diem seribu bahasa. dari sekian banyak tips trik yang saya coba di mbah google gak ada yang mempan membuat si mobo ini nyala. sampai akhirnya ketemu lah solusi gokil dan pantastis. yaitu mandiin mobo nya... pake apa? ya pake air lah masa iya mandi pake minyak...wkwkwk

langkah-langkahnya
1. siapkan air setengah ember, kalo bisa air nya air mineral dari mata air pegunungan.
2. siapkan sabun colek atau detergen atau apalah yang bisa berbusa
3. campurkan air dan sabun colek, kemudian kucek2 sampe busanya banyak
4. masukan mobo kedalam ember yang sudah berbusa
5. ambil sikat cuci ataua sikat gigi sikat bagian2 mobo, terserah yang mana aja boleh.
6. rendam sebentar mobo dalam ember sekitar 5-10 menit
7. segera keringkan mobo, INGAT harus kering sekering keringnya, solusi paling cihuy mobo nya suruh berjemur di bawah sinar matahari, bisa disimpan di atas genteng atau diatas tower juga boleh. yang penting harus benar2 kering ga boleh terisisa air sabun di mobonya.
8. kalo sudah kering ( jangan sampe gosong ) segera angkat mobo dan masukan ke dalam casing dan coba test dinyalakan.

good luck :)
0 Komentar untuk "Solusi motherboard matot"
Back To Top