Masalah Downgrade notebook ke Windows Xp

zaman sekarang hampir semua laptop, netbook atau komputer baru selalu di bundle dengan windows 7 dengan macem-macem versinya ada yang starter edition, home, sampai ultimate. terkadang ada vendor netbook atau laptop yang menggunakan windows 7 tetapi hardware yang dipasang di barang jualannya tersebut kurang memadai untuk sebuah mesin windows 7. biasanya karena RAM yang hanya di install 1Gb sedangkan dalam kondisi idle, windows 7 menggunakan kurang lebih 600-700 mb ram. itu berarti ram yang usable buat user hanya sekitar 400mb. what a noodle -,-

inilah alasannya saya sangat tidak menyarankan anda  yang punya RAM cuma 1gb untuk pake windows 7 kecuali betah dengan kondisi komputer lemot. minimal nyaman ya 2gb lah. apalagi ram itu termasuk kompnen komputer yang model barunya selalu makin murah. ga ada alasan buat cuma pake 1gb jaman sekarang.

ceritanya lain kalo notebook karena memang tidak dirancang untuk hal-hal yang berat jadi kebanyakan cuma dipasang ram 1gb. nah masalahnya si vendor tetep aja ngotot pake windows 7 walaupun ram nya cuma 1gb =,=

solusinya kembali lagi ke windows xp, masalah yang sering muncul kalo downgrade netbook yang default win7 ke winxp biasanya adalah :
1. netbook tidak punya drive dvd/cd jadi harus diinstall menggunakan flashdisk
untuk instalasi windows melalui flashdisk bisa menggunakan tools wintoflash atau winsetupfromusb, silahkan googling. :) untuk booting dari flashdisk hampir semua bios netbook terbaru sudah support cuma terkadang punya penyebutan yang berbeda. di netbook HP mini misalnya usb boot nya disebut floopy boot, di acer flashdisknya terdeteksi jadi hardisk.

2. Setelah berhasil booting jika anda memakai windows xp untouched atau yang belum di modif maka biasanya  hardisknya tidak terdeteksi. why? karena secara default winxp belum support hardisk berkonektor sata. solusinya masukan driver sata kedalam instalasi windows xp menggunakan nlite di nliteos.com teknik ini disebut slipstream. silahkan googling lagi caranya udah sering dibahas :)

3. Setelah selesai install netbook tidak masuk ke windows harus selalu dipasang flashdisk instalasi xp
masalah ini terjadi karena ada beberapa vendor netbook yang melakukan partisi khusus ke dalam produknya, partisi ini berisi recovery windows 7 yang gunanya adalah memperbaiki windows 7 jika terjadi kerusakan software dengan hanya menekan tombol tertentu maka akan langsung masuk ke menu recovery, kalau di komputer biasa harus boot lewat dvd win 7 nya.
nah, masalahnya adalah partisi recovery tersebut ada yang tersimpan di sector awal hardisk atau mbr sehingga ketika diinstall windows xp tidak bisa boot karena bios membaca mbr yang tidak valid.
solusinya ketika instalasi udah selesai booting ke windows menggunakan flashdisk pilih menu step 2 kalo menggunakan wintoflash maka komputer akan lanjut booting xp. 
install program mbrfix simpan di drive yang mudah diakses misal drive c.
buka cmd.exe kemudian masuk ke folder mbrfix dengan cara ketik cd c:/mbrfix
ketikan perintah mbrfix /drive 0 fixmbr /yes
exit
ketik diskpart kemudian set supaya partisi yang berisi windows xp menjadi aktif
dan masalah selesai

4. Udah selesai instal dan banyak hardware yang ga kedetek sedangkan driver bawaan ga ada buat xp T_T
solusinya cuma satu cari driver buat xp :) tempat pertama buat nyari di situs vendor netbook. acer dan hp salah satu vendor yang sering nyediain driver versi xp di situsnya :) alternatif bisa menggunakan software pendeteksi hardware sisoftware sandra atau everest bisa digunakan buat cari tau jenis hardware kalau sudah ketauan apa jenisnya tinggal di tanya mbah google. :)

that's it.. good luck :)


Tag : install, netbook, xp
0 Komentar untuk "Masalah Downgrade notebook ke Windows Xp"
Back To Top